15 Pantai Terkenal di Pulau Bali 2016

15 Pantai terkenal di Pulau Bali - Bali memang selalu diidentikan dengan keindahan pantainya yang bermacam-macam. Mulai dari pantai yang menawarkan pesona pemandangan yang indah, pantai yang menawarkan pesona sunrise maupun pesona sunset, pantai dengan gelombang yang cocok untuk berselancar (surfing), pantai-pantai dengan pasir yang putih dan lembut serta air laut yang jernih dan berbagai jenis keindahan pantai lainnya. 

Hampir sebagian besar pantai-pantai yang terkenal di Pulau Bali terletak di Kabupaten Badung, yang semuanya tersebar mulai dari Kecamatan Kuta hingga Kecamatan Kuta Selatan. Wilayah-wilayah lainnya di Pulau Bali juga memiliki pantai lainnya yang indah-indah dan terkenal, akan tetapi tidak sebanyak yang dimiliki oleh Kabupaten Badung.

Dalam daftar mengenai pantai terkenal serta keren di Bali ini, Hotelmurahdio membahas seluruh pantai yang dianggap terkenal dan cukup bagus maupun indah di Pulau Bali, baik itu yang sudah terkenal sejak dulu maupun yang baru terkenal akhir-akhir ini. Apabila pembaca merasa ada pantai tertentu yang belum masuk dalam daftar, bisa memberikan komentar di bagian akhir artikel ini. 

Penilaian dilakukan secara subjektif, yang sebagian besarnya berdasarkan riset melalui Google dan yang dimasukan dalam daftar hanya pantai yang berada di Pulau Bali. Tidak termasuk pantai-pantai di Nusa Penida, Nusa Ceningan atau Nusa Lembongan. Berikut adalah daftar 15 pantai terkenal di Pulau Bali tersebut:


1. Pantai Sanur
Berbicara tentang pantai terkenal di Bali, tentunya Pantai Sanur wajib ada dalam daftar ini. Ini adalah pantai pertama di Bali yang bisa populer hingga ke mancanegara berkat lukisan oleh seorang seniman. Pantai Sanur juga dapat dikatakan sebagai pantai keren di Bali.

Pantai Sanur memiliki daya tarik utama berupa pesona sunrise (matahari terbit) yang sangat indah saat pagi hari. Para pengunjung pantai Sanur biasanya mulai berdatangan mulai dari pagi hari untuk melihat sunrise di Pantai Sanur. Sangat banyak sekali karya lukisan maupun foto yang indah tentang Pantai Sanur ini. Tidak heran pantai yang terletak di kota Denpasar ini bisa sangat terkenal ke seluruh dunia.

Di kawasan Sanur terdapat pantai-pantai lainnya dengan karakter yang hampir sama persis dengan Pantai Sanur, diantaranya adalah pantai Matahari Terbit, Pantai Mertasari, Panta Karang, Pantai Sindhu, Pantai Padang Galak, Pantai Segara Ayu dsb. Akan tetapi yang paling terkenal dan paling banyak atraksi serta fasilitas wisatanya adalah Pantai Sanur.


2. Pantai Kuta
Setelah Pantai Sanur terkenal pertama kali berpuluh-puluh tahun yang lalu, akhirnya ada pantai lainnya yang mengikuti popularitas pantai Sanur, yaitu Pantai Kuta. Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan Pantai Kuta, pantai yang saat ini dapat dikatakan sebagai pantai nomor 1 di Bali, dimana hampir seluruh wisatawan yang ke Pulau Bali untuk pertama kalinya, selalu menjadikan Pantai Kuta sebagai daftar utama objek wisata yang harus didatangi.

Garis pantai yang sangat panjang hingga 3 Km dan dilanjutkan lagi dengan Pantai Legian yang memiliki karakteristik sama, membuat Pantai Kuta terlihat sangat indah dari tepian jalan. Pantai Kuta juga bisa sangat terkenal oleh karena ombaknya yang sangat cocok untuk berselancar. Akses yang mudah, banyak hotel serta tempat belanja  di dekat pantai serta berbagai fasilitas penunjang lainnya yang sangat lengkap membuat Pantai Kuta begitu disukai para wisatawan.

Satu lagi yang tidak boleh dilewatkan mengenai Pantai Kuta adalah pesona sunset-nya yang sangat menawan. Jika Pantai Sanur dikenal sebagai sunrise beach, maka Pantai Kuta yang berada di Kabupaten Badung ini dikenal sebagai sunset beach.


3. Pantai Tanah Lot
Tanah Lot merupakan objek wisata yang juga sangat populer di seluruh dunia. Tidak jauh berbeda dari Pantai Kuta, Pantai Tanah Lot ini selalu masuk dalam daftar utama tujuan wisata para wisatawan di Pulau Bali. Biasanya para wisatawan yang baru pertama kali ke Bali selalu mendatangi objek wisata religi ini.

Sebenarnya yang menjadi daya tarik utama dari Tanah Lot adalah Pura yang terlihat seakan terletak di pulau sendiri saat air laut pasang. Berbagai kegiatan religius selalu diadakan di Tanah Lot karena adanya pura tersebut. Para wisatawan biasanya datang untuk menikmati pesona pemandangan alam dari Tanah Lot, yang berbeda dari pantai Kuta, pantai di Tanah Lot ini tidak bersahabat untuk berenang para pengunjung. Pesona sunset dari objek wisata yang terletak di kabupaten Tabanan ini juga tidak boleh diabaikan. Itulah kenapa Pantai Tanah Lot disebut sebagai salah satu pantai terindah di Bali.


4. Pantai Pandawa
Pantai Pandawa merupakan pantai beberapa tahun terakhir ini sudah sangat populer di kalangan wisatawan domestik hingga ke seantero dunia, bahkan saat ini telah menjadi salah satu destinasi wisata utama di Pulau Bali bersaing dengan beberapa objek wisata lainnya di Bali seperti Tanah Lot, Pura Luhur Uluwatu, Pura Ulun Danu Beratan – Bedugul serta Pantai Kuta.

Pantai ini menjadi sangat istimewa berkat lokasinya yang berada di balik tebing yang menjulang tinggi. Pasirnya yang putih dan air laut yang jernih, terutama saat laut surut akan lebih terlihat keindahannya yang membuat pantai ini terlihat lebih keren dibanding pantai lainnya. Aktivitas kayak dan kano yang dilakukan saat laut surut menjadi salah satu atraksi wisata utama di Pantai Pandawa yang terletak di Desa Kutuh, Kuta Selatan, Kabupaten Badung..


5. Pantai Melasti
Pantai Melasti merupakan pantai yang saat ini sedang meningkat popularitasnya. Banyaknya unggahan foto para pengguna media sosial di Pantai Melasti menjadi salah indikatornya. Pantai Melasti dapat dikatakan sebagai salah satu pantai keren di Bali serta juga dapat dibilang sebagai pantai terindah di Bali untuk saat ini.

Pantai ini memiliki karakteristik yang hampir sama dengan Pantai Pandawa, akan tetapi di Pantai Melasti, jalan yang melewati celah tebing sempit serta jurang lebih panjang dan lebih berkelok-kelok.

Datanglah ke Pantai yang terletak di Desa Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung ini saat sore hari terutama waktu laut surut. Anda akan melihat pemandangan paling menakjubkan dari Pantai Melasti ini pada waktu-waktu seperti itu.


6. Pantai Dreamland
Pantai Dreamland disebut sebagai New Kuta Beach, oleh karena karakteristik ombaknya yang hampir mirip dengan Pantai Kuta. Pantai Dreamland juga menjadi populer berkat publikasi dari berbagai media terutama sinetron FTV yang seringkali menjadikan Pantai Dreamland sebagai lokasi pengambilan gambar mereka.

Namun secara lokasi, Pantai Dreamland sedikit berbeda dengan Pantai Kuta, oleh karena banyak terdapat tebing serta karang di sekeliling pantai. Pasirnya yang putih dan lembut, air lautnya yang jernih serta pesona sunset di Pantai Dreamland ini membuat anda wajib menjadikannya sebagai salah satu pantai yang harus dikunjungi saat sedang berwisata ke Bali.


7. Pantai Lovina
Sebagian besar pantai di Pulau Bali yang disebutkan dalam daftar ini, hanya Pantai Lovina yang merupakan pantai yang berada di Bali Utara. Hal menarik yang dapat wisatawan nikmati di Pantai Lovina yang tidak dapat ditemukan di pantai-pantai populer lainnya di Pulau Bali adalah adanya Lumba-Lumba.

Untuk dapat melihat lumba-lumba di pantai Lovina, sebaiknya anda datang saat pagi hari sebelum matahari terbit. Karena pada saat-saat seperti itulah lumba-lumba di Pantai Lovina sering menampakkan dirinya. Jangan terlalu berharap untuk melihat lumba-lumba di pantai ini pada siang hari, karena mereka telah berenang menjauh dari pantai pada waktu seperti itu.


8. Pantai Jimbaran
Pantai Jimbaran sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda dengan pantai Kuta. Namun pada sore hingga malam hari, Pantai Jimbaran akan menjadi pusat wisata kuliner yang menyenangkan bagi para wisatawan di Pulau Bali.

Berbagai restoran di tepian pantai menawarkan sajian seafood yang gurih kepada para pengunjungnya sambil menanti sunset. Candle light dinner juga sangat cocok dilakukan pada restoran-restoran yang berada di Pantai Jimbaran ini.


9. Pantai Padang Padang
Pantai Padang Padang atau yang juga dikenal sebagai Labuan Sait ini dulunya hanya terkenal dikalangan wisatawan mancanegara saja. Namun berkat publikasi pantai Padang Padang dalam film 'Eat, Pray n Love' yang diperankan oleh Julia Robert, pantai Padang Padang menjadi semakin terkenal baik oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Lokasinya yang berada di bawah jembatan membuat kita bisa melihat keindahan pantai ini dari atas jembatan. Pantai ini tergolong bersih, dengan pasir yang halus dan air laut yang jernih. Hanya saja area pantainya cukup sempit, sehingga saat lagi ramai di pantai ini akan terlihat penuh bersesakan antara pengunjung yang berjemur, berenang serta yang sekedar berjalan-jalan.


10. Pantai Nusa Dua
Pantai Nusa Dua bisa dibilang sebagai pantai wisata yang paling bersih diantara seluruh pantai wisata lainnya yang ada di pulau Bali. Kebersihan dari pantai-pantai di Nusa Dua layak disamakan dengan pantai-pantai yang masih tersembunyi di Pulau Bali.

Pengelolaan objek wisata yang sangat profesional dari pengelola pantai yang biasanya merupakan bagian dari hotel-hotel berbintang 5 di Nusa Dua menjadi penyebab kebersihan dari pantai ini dapat terjaga.

Terdapat 2 pantai di kawasan Nusa Dua diantaranya pantai Mengiat dan Pantai Geger. Pasir pantai yang putih, banyak kursi jemur serta air laut yang sangat jernih membuat pantai ini selalu dapat membuat para pengunjung betah berlama-lama menghabiskan waktu disini.


11. Pantai Seminyak
Terdapat beberapa pantai yang cukup terkenal di kawasan Seminyak, Bali, diantaranya adalah pantai Dhyanapura, pantai Double Six dan sebagainya. Keistimewaan pantai-pantai di Seminyak ini adalah pasirnya yang landai serta ombaknya yang juga sangat cocok untuk berselancar.

Beberapa beach club di Pantai Seminyak juga terlihat keren dan sangat cocok untuk hang-out bareng teman-teman selama berada di Bali. Pemandangan sunset yang indah juga dapat dilihat dari pantai Seminyak ini.


12. Pantai Suluban (Blue Point Beach)
Pantai Suluban atau yang juga dikenal sebagai Blue Point Beach terletak di Desa Pecatu, desa yang terkenal berada di tebing yang tinggi dengan pemandangan laut di bawahnya. Pantai Suluban ini juga merupakan pantai di bawah tebing, dimana untuk dapat mencapai pantainya, pengunjung harus menuruni anak tangga satu per satu.

Akan tetapi, keindahan dari Pantai Suluban adalah pemandangannya yang sangat indah apabila dilihat dari berbagai restoran, bar atau beach club yang terletak di atas tebing batu di pantai Suluban (Blue Point Beach ini). Pemandangan lautan luas serta Delphi Rock Lounge merupakan ciri khas dari Pantai ini jika anda melihat foto-fotonya di Instagram dan media sosial lainnya.


13. Pantai Tanjung Benoa (Watersport)
Hal paling populer dari pantai-pantai di Tanjung Benoa bukanlah pemandangan alamnya, melainkan karena Tanjung Benoa merupakan pusat watersport di seluruh Bali. Berbagai macam atraksi olahraga air dapat ditemukan di Tanjung Benoa ini, diantaranya seperti Parasailing, Jet Ski, Banana Boat,  Flying Board, Flying Fish, Seawalker, Scuba Diving, Snorkeling dsb.

Di Tanjung Benoa juga banyak terdapat jukung (perahu kecil) maupun fastboat yang dapat menjadi alat transportasi menuju beberapa pulau yang ada di Pulau Bali seperti Pulau Serangan dan 3 Nusa (Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan). Bahkan banyak juga terdapat transportasi menuju 3 Gili di Nusa Tenggara Barat. Siapkan dana yang banyak jika ingin menikmati berbagai aktivitas watersport di Pantai Tanjung Benoa ini.


14. Pantai Legian
Pantai Legian berbatasan langsung dengan Pantai Kuta, yang berada di sebelah selatannya. Jika kita berjalan dari Pantai Kuta ke arah utara maksimal 3 km, maka kita akan masuk ke wilayah Pantai Legian ini.

Lokasinya yang berbatasan langsung dengan Pantai Kuta membuat karakteristik Pantai Legian tidak jauh berbeda dari Pantai Kuta. Perbedaan yang paling mencolok adalah jarak pantai dari berbagai fasilitas wisata yang cukup jauh dan tidak terlalu banyak di dekatnya.


15. Pantai Green Bowl (Bali Cliff)
Pantai Green Bowl sebenarnya merupakan pantai tersembunyi yang ada di Pulau Bali, yang akhir-akhir ini mulai semakin terkenal popularitasnya. Lokasinya yang berada diantara pantai-pantai yang akhir-akhir ini populer di Bali (Pantai Pandawa dan Pantai Melasti) membuat Pantai Green Bowl juga perlahan-lahan mulai terkenal.

Namun, lokasinya di bawah tebing tapi tidak dihubungkan dengan jalan raya seperti di Pantai Pandawa atau Pantai Melasti, melainkan dengan ratusan anak tangga, membuat cukup banyak wisatawan pikir panjang untuk turun ke bibir pantai. Mudah saat turun, tapi saat kembali akan butuh perjuangan hingga tiba di tempat parkir.

Air laut yang sangat jernih, pasir yang putih serta yang paling menarik adalah adanya gua-gua dimana para wisatawan dapat bersantai di dalamnya menjadi daya tarik Green Bowl Beach yang juga dikenal sebagai Pantai Batu Pageh atau Bali Cliff ini.



Itulah daftar 15 pantai terkenal di Pulau Bali versi Hotelmurahdio yang dapat anda baca yang sebagian besar informasi pantai tersebut disadur dari berbagai sumber termasuk dari nnoart. Beberapa pantai tersebut terkenal akan berbagai macam hal seperti keindahan panoramanya, karakter ombak, sejarah maupun budaya, kebersihan, ketersediaan fasilitas wisata yang lengkap dan sebagainya.

Itulah yang membuat beberapa pantai tersebut dianggap sebagai pantai terindah, pantai terbaik, pantai terkeren serta berbagai sebutan lainnya untuk menyatakan kekaguman mereka terhadap pantai-pantai terkenal di Pulau Bali ini.

Pembaca yang berencana untuk berlibur ke Pulau Bali dapat memilih salah satu diantara pantai-pantai dalam daftar diatas sebagai tempat bersantai dan menghabiskan waktu bersama keluarga, teman maupun rekan-rekan kerja.
Share on Google Plus

Tentang Unknown

Hobi menulis segala sesuatu yang berhubungan dengan travelling seperti tempat wisata, akomodasi serta kuliner.