9 Daftar Tempat Wisata di Kuala Lumpur yang Terkenal

Daftar Tempat Wisata di Kuala Lumpur yang Terkenal - Kuala lumpur memiliki ratusan tempat wisata yang bisa dikunjungi. Mulai dari yang tradisional hingga modern, mulai dari tempat religius hingga tempat hiburan dan perbelanjaan. Berwisata ke Kuala Lumpur, barangkali seperti menerapkan pepatah Melayu, “sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui”. Banyak tempat-tempat wisata  di Kuala Lumpur yang berdekatan satu sama lain. Jadi, sekali berkunjung, dua tiga tempat didatangi. Berikut ulasan singkat beberapa daftar tempat wisata di Kuala Lumpur yang banyak dikunjungi oleh wisatawan.
  
1. Gua Batu
Salah satu daftar tempat wisata di kuala lumpur yang sayang untuk dilewatkan adalah gua batu. letaknya tidak jauh dari Kuala Lumpur, lebih kurang 13 kilometer di sebelah utara. Tempat wisata merupakan bukit kapur yang terdiri dari 3 gua utama dan beberapa gua kecil lainnya. bukit ini diduga telah ada sejak 40 juta tahun yang lalu dan telah menjadi salah satu tempat religius penting bagi umat hindu Malaysia selama 100 tahun lebih sejak ia ditemukan tahun 1878. Di bagian kaki bukit terdapat 2 gua yaitu gua galeri seni dan gua museum. Di gua ini bisa ditemukan lukisan-lukisan dan patung-patung khas Hindu. Sementara gua yang paling besar, yaitu gua kuil, berada masih 100 meter di atasnya. Pengunjung harus melalui 272 anak tangga untuk bisa mencapai gua yang paling besar di situs ini. Gua batu merupakan salah satu dari daftar tempat wisata di Kuala lumpur yang paling banyak menarik wisatawan. Waktu paling cocok untuk mengunjungi gua batu adalah ketika festival umat Hindu Thaipusam, yang biasanya jatuh sekitar bulan januari atau februari.
2. Central Market
Central market adalah salah satu daftar tempat wisata di kuala lumpur bagi mereka yang suka berbelanja kerajinan seni. Dulunya pasar ini merupakan pasar basah atau pasar tradisional. Kemudian di tahun 1980-an direnovasi menjadi pasar seni dengan struktur art-deco. Pasar ini merupakan pusat kerajinan dan karya seni seperti batik dan berbagai suvenir seperti patung, sarung, dan lukisan. Sangat cocok bagi mereka yang menyukai barang-barang antik. Central market juga merupakan tempat seniman-seniman lokal dan luar negeri menunjukkan keahliannya. Lokasi Central market berdekatan dengan Jalan Petaling (Chinatown). Letaknya di jalan Hang Katsuri. Informasi mengenai tempat wisata belanja ini dapat ditemukan di centralmarket.com.my.

3. Menara Kembar Petronas
Menara tertinggi di dunia ini adalah salah satu tempat wisata modern di Kuala Lumpur. Letaknya di pusat kota Kuala lumpur, di antara Jalan Ampang dan Jalan Raja Chulan. Tinggi menara ini mencapai 452 meter. Menara kembar Petronas terdiri dari 2 menara yang dihubungkan oleh jembatan pada lantai 41 dan 42. Di bagian dasar menara terdapat beberapa daftar tempat wisata di kuala lumpur yang bisa dikunjungi, yaitu pusat perbelanjaan mewah Suria KLCC, Musem Petrosains, Aquaria, dan Petronas Philharmonic Hall. Berdampingan dengan kedua menara ini, terdapat taman yang indah dan luas yang disebut taman KLCC.

4. Menara Kuala Lumpur dan Hutan Bukit Nanas
Arsitektur pencakar langit di Kuala Lumpur yang serupa dengan menara kembar Petronas adalah Menara Kuala Lumpur. Salah satu daftar tempat wisata di Kuala Lumpur ini tingginya 421 meter serta merupakan menara telekomunikasi dan penyiaran. Di bangun di puncak bukit kecil, dari sini pengunjung bisa melihat pemandangan kota kuala lumpur. Menara ini dibangun di kawasan hutan bukit Nanas. Hutan bukit nanas merupakan kawasan hijau di Kuala lumpur yang juga menjadi salah satu tempat menarik untuk dikunjungi. Jadi, selain wisata alam, pengunjung juga bisa menikmati salah satu wisata alam di Kuala Lumpur.
5. Jalan Petaling dan chinatown
Jalan Petaling atau Petaling Street berada di wilayah yang disebut dengan Chinatown. Sepanjang jalan ini penuh dengan toko-toko yang dikelola oleh orang Cina. Salah satu dari daftar tempat wisata di Kuala lumpur ini merupakan pusat pedagang kecil dan barang-barang dengan barang-barang yang dijual dengan harga sangat murah. Tentunya harus pandai-pandai menawar. Salah satu tempat wisata belanja di Kuala lumpur ini adalah satu-satunya yang tetap buka sampai tengah malam. Di ujung jalan terdapat Kuil Chan See shu Yuen yang dibangun pada tahun 1906. Di dalam kuil ini terdapat lukisan dan ukiran yang indah. Sementara di luarnya terdapat arca-arca tembikar. Tidak jauh dari jalan Petaling ada kuil yang bernama Kuil Sri Maha mariamman yang dibangun tahun 1873. Kuil ini dianggap sebagai kuil yang paling bagus dan indah di Malaysia.
6. Kuil Thean Hou
Selain Bukit Batu, daftar tempat wisata di Kuala Lumpur lainnya yang menjadi tempat ibadah adalah Kuil Thean Hou. Tepatnya tempat ibadah umat Budha. Kuil cina ini merupakan tempat penyembahan bagi dewa Tian Hou. Kuil ini memiliki 3 bagian, sebelah kiri untuk menyembah Dewi  Shui Wei Sheng, sebelah kanan untuk menyembah Dewi Guan Yin, dan di tengah untuk dewa Tian Hou. Di dekat kuil ini juga terdapat taman obat herbal cina, serta kolam kura-kura. Selain itu, di sekitar kuil terdapat patung dewa-dewi yang berukuran besar.
7. Dataran Merdeka
Dataran atau lapangan merdeka tepat berada di depan gedung Sultan Abdul Samad. Ini termasuk daftar tempat wisata di Kuala lumpur yang menjadi salah satu tempat paling besejarah bagi perjuangan kemerdekaan rakyat Malaysia. Di lapangan inilah bendera kebangsaan Malaysia pertama kali dikibarkan. Sampai saat ini tempat ini menjadi tempat untuk menggelar upacara kemerdekaan Malaysia setiap tahunnya. Di lapangan ini juga ada tiang bendera setinggi 100 meter yang dianggap sebagai tiang bendera paling tinggi di dunia. Sedangkan gedung sultan Abdul Samad sendiri merupakan salah satu bangunan bersejarah di Kuala Lumpur.
8. Mesjid Negara dan Mesjid Jamek
Setelah ke Dataran Merdeka, tidak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke 2 masjid ini, karena lokasinya memang berdekatan. Dua dari daftar tempat wisata di Kuala Lumpur ini  terletak di dekat dataran merdeka. Masjid Jamek dibangun pada tahun 1909 dan merupakan masjid tertua di Kuala lumpur. Terletak di Jalan Tun Perak, bangunan masjid ini terpengaruh arsitektur Muslim India. Sedangkan Masjid Negara, yang konon dapat menampung 5000 orang, terletak di antara taman-taman yang indah seluar 13 hektare. Dibangun pada tahun 1965, masjid ini memiliki desain modern yang unik berpadu dengan ornamen dan kaligrafi tradisional Islam.
9. Lake Garden
Daftar tempat wisata di Kuala Lumpur yang termasuk Kawasan Hijau di Kuala lumpur adalah Lake Garden atau Taman Tasik Perdana. Dibangun pada tahun 1888, taman ini merupakan taman yang paling terkenal di Kuala lumpur. Taman ini juga memiliki beberapa tempat menarik seperti taman kupu-kupu, taman bunga anggrek, taman bunga kembang sepatu, taman burung, taman rusa. Selain itu ada juga bangunan-bangunan seperti Tugu Negara, Carcosa Seri Negara, dan gedung parlemen malaysia. Tepat di luar Lake garden terdapat museum Nasional.


Sekedar informasi tambahan bagi anda yang berencana ke Kuala Lumpur dengan budget minim, link berikut adalah informasi mengenai hotel murah di Kuala Lumpur. Semoga keseluruhan informasi ini dapat berguna bagi anda, daftar tempat wisata di Kuala Lumpur ini bisa dijadikan pedoman sebelum melakukan kegiatan tamasya di Kuala Lumpur.


Share on Google Plus

Tentang Unknown

Hobi menulis segala sesuatu yang berhubungan dengan travelling seperti tempat wisata, akomodasi serta kuliner.